Pages

Tuesday, August 14, 2018

PDIP: Penggantian Asman Abnur Agar Tak Ganggu Soliditas Pemerintah

Jakarta - MenPAN-RB Asman Abnur minta izin mundur dari Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo karena partainya, PAN memutuskan koalisi mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. PDIP melemparkan kritikan ke PAN, namun memberi apresiasi untuk Asman.

"Saya rasa mengganti MenPAN-WRB sudah benar ya. Menteri di kabinet kerja harus bisa meyakini program-program pemerintahan Pak Jokowi. Menteri sebagai pembantu presiden juga harus bisa bekerja seirama dengan bapak presiden," ujar politikus PAN Charles Honoris kepada detikcom, Selasa (14/8/2018).

Dengan memilih meninggalkan Jokowi, PAN disebutnya sudah tidak sejalan dengan ara pembangunan pemerintahan Jokowi. Sehingga pencopotan Asman Abnur menurut Charles sudah sepatutnya dilakukan.


"PAN sudah memilih untuk tidak mendukung kembali pak Jokowi sebagai presiden. Artinya PAN tidak sejalan dengan arah pembangunan yang dilakukan oleh pemerintahan pak Jokowi," tutur anggota Komisi I DPR itu.

"Jadi penggantian menteri Asman sudah selayaknya supaya tidak mengganggu soliditas pemerintahan," imbuh Charles.

Charles pun memberi Asman pujian yang meminta diizinkan mundur dari MenPAN-RB karena situasi koalisi. Asman mengaku tak ingin membebani Jokowi.

"Di sisi lain, langkah pak Asman Abnur juga patut diberikan apresiasi. Beliau orang yang tahu diri dan beretika. Bahwa partainya tidak sejalan dan tidak mendukung pak Jokowi maka beliau minta agar segera diganti," ucap Charles.


Sebelumnya diberitakan, Istana memastikan Asman akan direshuffle. Meski begitu Presiden Jokowi disebut sangat puas dengan kinerja koalisi.

"Beliau bisa melakukan reformasi aparatur negara ini lebih bisa melayani. Artinya, Bapak Presiden juga sangat puas dengan kinerjanya Pak Asman Abnur. Sangat, sangat, sangat puas. Bukan hanya puas ya, tapi saya bisa katakan lagi sangat, sangat puas," ungkap Mensesneg Pratikno, Selasa (14/8).

Asman sudah angkat bicara soal rencana pencopotannya. Dia mengaku mendatangi Pratikno untuk mendiskusikan posisinya.

"Saya tidak mau menjadi beban, kepada Pak Presiden terutama. Intinya, tadi saya ke Pak Pratik supaya diperkenankan kalau dibolehkan mundur supaya jangan jadi beban," ujar Asman saat dihubungi.
(elz/imk)

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya kurang lengkap buka link di samping lanjutin baca berita dari situ https://news.detik.com/read/2018/08/14/152713/4165831/10/pdip-penggantian-asman-abnur-agar-tak-ganggu-soliditas-pemerintah

No comments:

Post a Comment