Pages

Saturday, August 4, 2018

Jangan Sepelekan, 7 Masalah Ini Rentan Dihadapi Anak Obesitas

Jakarta - Anak gemuk memang lucu dan menggemaskan, tapi jangan sampai jadi obesitas. Sebab ketika anak obesitas, ada beberapa hal negatif yang rentan dialaminya.

dr Lucie Permana Sari, SpA, menuturkan ada 7 masalah yang rentan dialami anak dengan obesitas. Hal itu disampaikan dia dalam media gathering yang digelar RS Royal Progress di Up in Smoke Restaurant, RDTX Tower, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (4/8/2018).

Simak 7 masalah yang rentan dialami anak obesitas ya, Bun:

1. Gangguan Fungsi Saluran Napas

Anak-anak dengan obesitas rentan mengalami obstructive sleep apnea (OSA) yang merupakan gangguan fungsi saluran napas. Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang serius.

Nah, saat anak mengalami sleep apnea, napasnya berulang kali berhenti saat tidur, Bun. Kondisi ini terjadi karena di leher banyak lemak, kemudian otot tenggorokan sebentar-sebentar rileks sehingga menghalangi jalan napas saat tidur. Mendengkur jadi salah satu tanda sleep apnea.

2. Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik merupakan kumpulan gejala perkembangan penyakit generatif seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Jangan Sepelekan, 7 Masalah Ini Rentan Dihadapi Anak Obesitas/Jangan Sepelekan, 7 Masalah Ini Rentan Dihadapi Anak Obesitas/ Foto: iStock

3. Sesak Napas

Timbunan lemak membuat anak obesitas rentan mengalami sesak napas. Akibat dari hal ini, aktivitas fisik atau olahraga jadi lebih sulit.

4. Hepatic Steatosis (Fatty Liver)

"Ini merupakan penyebab penumpukan lemak di tubuh dan di dalam pembuluh darah," tutur dr Lucie.

5. Pubertas Lebih Awal

Obesitas bisa mengakibatkan ketidakseimbangan hormonal. Banyak terjadi pada anak perempuan yang obesitas, umumnya anak-anak imi mengalami pubertas lebih awal yang ditandai dengan menstruasi dini.

6. Gangguan Pertumbuhan Tulang dan Sendi

Berat badan berlebih bisa mengganggu pertumbuhan tulang dan sendi yang sedang tumbuh. Akibatnya, area pertumbuhan tulang bisa rusak dan bisa mencederai tulang.

7. Masalah dalam Interaksi Sosial

Anak yang mengalami obesitas cenderung mendapat stigma dan kurang diterima di lingkungan sosial seusianya. "Mereka juga cenderung mengalami pandangan negatif, diskriminasi, hingga perilaku bullying," imbuh dr Lucie. (vit/vit)

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya kurang lengkap buka link di samping lanjutin baca berita dari situ https://www.haibunda.com/read/2018/08/04/181533/4149971/1757/jangan-sepelekan-7-masalah-ini-rentan-dihadapi-anak-obesitas

No comments:

Post a Comment