Pages

Friday, August 3, 2018

Sebulan Berjalan, Bagaimana Kabar Sistem Perizinan Online?

JAKARTA - Sistem perizinan online alias Online Single Submission (OSS) sudah hampir berjalan satu bulan sejak peluncurannya. Sistem perizinan terpadu ini diluncurkan pada 9 Juli 2018.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, setelah berjalan hampir satu bulan lamanya, antusiasme masyarakat cukup tinggi. Sebab, selama kurang lebih satu bulan berjalan, banyak sekali masyarakat yang datang mengajukan izin ke pemerintah.

BERITA TERKAIT +

"OSS selama sebulan terakhir cukup banyak yang sudah mengurus izin," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat, (3/8/2018).

Darmin Nasution dan Yasonna Bicara Perbaikan Iklim Usaha dan Revitalisasi Hukum

Namun sayangnya, kata Darmin, tidak semuanya serius untuk mengajukan izin. Karena ada beberapa orang yang datang hanya untuk mendapatkan nomor perizinannya saja.

Setelah itu, tidak ada tindak lanjut dari pelaku usaha tersebut untuk meneruskan hingga benar-benar usahanya jalan. Bahkan ada beberapa orang yang justru hanya pamer nomor izin usaha saja, ke teman-temannya tanpa ditindaklanjuti.

Darmin Nasution dan Yasonna Bicara Perbaikan Iklim Usaha dan Revitalisasi Hukum

"Sebagian, begitu dapat nomor induk perusahaan, mereka berhenti (proses izin investasinya) dan dia sambung lagi kapan-kapan, kita gatau," ucapnya.

Oleh karena itu, dirinya akan memperbaiki dan mempertajam agar masyarakat yang datang tidak hanya untuk mendapatkan nomor izin berusaha saja, sehingga masyarakat yang datang bisa segera menindaklanjutinya dengan cepat.

"Kita juga ingin mempertajam hal-hal itu, ngapain dapat izin nomor induk berusaha, kalau mau usaha ya usaha saja, iya kan? Urus saja izin usaha dan izin komersil. Kita mau mempertajam itu, supaya enggak banyak yang ngurus 'saya udah punya lho izin berusaha' kan nanti kitanya yang repot," ucapnya.

(feb)

(rhs)

Let's block ads! (Why?)

Kalo beritanya tidak lengkap buka aja link di samping buat baca berita lengkap nya http://economy.okezone.com/read/2018/08/03/320/1931370/sebulan-berjalan-bagaimana-kabar-sistem-perizinan-online

No comments:

Post a Comment