Pages

Sunday, September 16, 2018

Gempa 5,1 SR Guncang Bengkulu, Ini Penyebabnya

BENGKULU - Gempa berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Kaur, Bengkulu, Minggu (16/9/2018) sekira pukul 13.54 WIB. lindu yang terjadi di perbatasan Bengkulu dan Lampung itu tidak berpotensi tsunami.

BMKG mencatat bahwa gempa berada di koordinat episenter 4,91 Lintang Selatan (LS) dan 102,93 Bujur Timur (BT) atau berjarak di 57 kilometer (Km) barat daya Kaur. Gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer.

BERITA TERKAIT +

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu, Litman mengatakan gempa tersebut termasuk jenis gempa dangkal. ''Gempa disebabkan penyusupan lempeng Indo-Australia di bawah Eurasia yang berada di bawah pulau Sumatera,'' katanya saat dikonfirmasi Okezone.

 

Hingga saat ini belum adanya aktivitas gempa bumi susulan. Meskipun demikian, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khususnya, masyarakat di daerah pesisir barat Sumatera.

''Kami mengimbau agar masyarakat tidak terpancing isu, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,'' pungkas Litman.

(sal)

Let's block ads! (Why?)

Kalo beritanya tidak lengkap buka aja link di samping buat baca berita lengkap nya http://news.okezone.com/read/2018/09/16/340/1951198/gempa-5-1-sr-guncang-bengkulu-ini-penyebabnya

No comments:

Post a Comment