Pages

Wednesday, September 5, 2018

Menko Darmin: Defisit Transaksi Berjalan Jadi Kelemahan Indonesia

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebutkan, kondisi defisit transaksi berjalan (Current Account Deficit/CAD) menjadi kelemahan Indonesia. Padahal, menurut dia, fundamental perekonomian domestik dalam kondisi yang baik.

Hal tersebut disampaikan Darmin kepada anggota DPR RI dalam rapat kerja Kementerian Koordinator dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

BERITA TERKAIT +

Dia menjelaskan, hal ini terlihat dari tingkat inflasi yang kian menurun yang sebelumnya 8,4% di 2014 menjadi kisaran 3,5% di 2018, tingkat kemudahan berinvestasi Indonesia pun meningkat ke peringkat 72. Indikator lain terlihat dari tingkat kemiskinan yang untuk pertama kalinya menjadi satu digit ke 9,82%.

Darmin Nasution dan Yasonna Bicara Perbaikan Iklim Usaha dan Revitalisasi Hukum 

"Rasio gini juga turun terus, tingkat pengangguran secara gradual turun disertai dengan indikator lain yang baik, sehingga fundamental ekonomi sebenarnya baik," jelasnya di Ruang Banggar, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Namun diakui, transaksi berjalan yang defisit membuat Indonesia mendapatkan tekanan besar dari gejolak ekonomi global. "Makanya tekanan (dari global) terhadap kita lebih berat daripada Malaysia dan Thailand, tapi relatif sama dengan Filipina dan India," jelasnya.

Kondisi defisit ini, jelas Darmin, didorong neraca perdagangan yang juga defisit. Di mana pertumbuhan impor jauh melampaui pertumbuhan ekspor.

Darmin Nasution dan Yasonna Bicara Perbaikan Iklim Usaha dan Revitalisasi Hukum 

"Ketika ekonomi pulih, impor kita meningkat dengan cepat, ada barang konsumsi, tapi sebagian besar, sekitar 90% adalah barang modal dan barang baku, hanya 10% barang konsumsi," paparnya.

Di sisi lain, kondisi Devisa Hasil Ekspor (DHE) yang hanya 85% masuk ke dalam negeri membuat tekanan tinggi pada kondisi stabilitas Rupiah. Di mana valas yang ditukarkan ke Rupiah pun hanya mencapai 15% dari DHE yang masuk.

"Sehigga dalam gejolak yang terjadi selama ini dari hari ke hari permintaan Dolar AS naik, tapi ketersediaan Dolar AS kita tidak bisa mengejarnya dengan baik," jelasnya.

(kmj)

Let's block ads! (Why?)

Kalo beritanya tidak lengkap buka aja link di samping buat baca berita lengkap nya http://economy.okezone.com/read/2018/09/05/20/1946365/menko-darmin-defisit-transaksi-berjalan-jadi-kelemahan-indonesia

No comments:

Post a Comment