Pages

Friday, August 17, 2018

Lupa Semalam Mimpi Apa? Awas! Masalah Ini Bisa Saja Terjadi, Salah Satunya Tanda Anda Mau Sakit

COBA ceritakan semalam Anda mimpi apa? Apakah Anda bisa mengingatnya lalu menceritakan ulang pada pasangan atau sahabat Anda? Jika tidak bisa menceritakan ulang, mungkin saja kondisi ini sebetulnya sedang terjadi pada tubuh Anda.

Ya, sebetulnya lupa pada mimpi itu sangat wajar dialami banyak orang. Sekali pun mimpi yang Anda alami itu indah dan pengin selalu Anda kenang. Tapi, ada saja alasan kenapa akhirnya Anda tidak bisa mengingatnya.

BERITA TERKAIT +

Nah, masalah ini ternyata bisa dikaitkan dengan tanda awal Anda mengalami masalah kesehatan. Menurut beberapa referensi, dijelaskan bahwa ada beberapa implikasi kesehatan yang terkait dengan jarang atau tampaknya Anda tidak pernah mengingat mimpi bahkan sesaat setelah Anda bangun. Dilansir Okezone dari Romper, Kamis (16/8/2018), berikut 5 masalah kesehatan yang mungkin saja sedang Anda alami dan ditandai dengan sulitnya mengingat mimpi Anda semalam.

1. Efek obat sebelum tidur

Ada beberapa obat yang akhirnya membuat kualitas tidur Anda berkurang meski pun sudah diresepkan dikonsumsi sebelum tidur. Kerja obat tersebut yang akhirnya memengaruhi tidur Anda dan mengakibatkan Anda tidak bisa mengingat mimpi. Obat yang biasanya memiliki efek ini adalah antidepresan.

2. Berisiko tinggi PTSD

Sebuah studi pada 2017 yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience menemukan bahwa jika Anda tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup sebelum stres atau traumatis terjadi, Anda berpotensi memiliki risiko lebih tinggi mengembangkan PTSD sesudahnya. Lebih banyak penelitian mungkin diperlukan mengenai hal ini, tetapi ini bisa berarti bahwa jika Anda cukup tidur secara teratur, bagian otak yang berbeda bekerja sama untuk membantu membuat Anda lebih tangguh ketika berhadapan dengan trauma. PTSD sendiri adalah gangguan stres pada tubuh Anda.

3. Anda berurusan dengan Sleep Apnea

Jika Anda mengalami sleep apnea, Anda mungkin mengalami kesulitan mengingat mimpi Anda setelah Anda bangun di pagi hari. Artikel yang disebutkan di atas dari VeryWell Mind mencatat bahwa sleep apnea dapat menyebabkan gangguan pada tidur, membuatnya sulit bagi Anda untuk mengingat mimpi. Sleep apnea bisa menjadi kondisi yang sangat serius, jadi pastikan Anda mendapat pemahaman lebih dari dokter pribadi Anda supaya bisa mencegahnya sedini mungkin.

4. Anda memiliki masalah memori

Jika Anda tidak cukup tidur dan bangun tanpa mengingat mimpi, itu juga berpotensi memengaruhi ingatan Anda. Sebuah studi pada 2015 yang diterbitkan di Nature Neuroscience menemukan bahwa tidak mendapatkan tidur yang cukup dapat meningkatkan risiko kehilangan memori seperti terkait dengan penyakit Alzheimer. Tidur cukup setiap malam sangat penting untuk kesehatan jangka panjang Anda.

5. Sistem kekebalan tubuh Anda melemah

Tidak bisa mengingat mimpi semalam juga bisa menjadi tanda jika sistem kekebalan tubuh Anda sedang lemah. Ini juga yang harusnya diperhatikan untuk Anda semakin banyak mengonsumsi vitamin dan makanan sehat setelah bangun tidur.

Rubin Naiman, seorang peneliti dari Pusat Kedokteran Integratif Universitas Arizona, berpendapat dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of New York Academy of Sciences, meski pun Anda mungkin tidak menyadari perbedaan besar dalam kesehatan Anda setelah Anda kehilangan kualitas tidur, tidak cukup tidur berkualitas dapat menyulitkan tubuh Anda untuk melawan penyakit, seperti yang dicatat Healthline, yang berarti Anda mungkin lebih mudah sakit. Mendapatkan banyak tidur tidak hanya penting untuk bermimpi pada umumnya, banyak ilmuwan percaya bahwa itu juga sangat penting untuk kesehatan Anda.

(ren)

Let's block ads! (Why?)

Kalo beritanya tidak lengkap buka aja link di samping buat baca berita lengkap nya http://lifestyle.okezone.com/read/2018/08/16/481/1937309/lupa-semalam-mimpi-apa-awas-masalah-ini-bisa-saja-terjadi-salah-satunya-tanda-anda-mau-sakit

No comments:

Post a Comment