Pages

Monday, August 27, 2018

Petugas Tak Segan Sobek Paksa Koper Jamaah Haji yang Nekat Bawa Air Zamzam

MAKKAH — Dalam peraturan penerbangan, penumpang tidak boleh membawa cairan di atas 100 mililiter dalam kopernya, tidak terkecuali bagi jamaah haji yang ingin kembali ke Indonesia sambil membawa air zamzam. Pelarangan ini terkait untuk keselamatan penerbangan.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi pun mengeluarkan surat edaran terkait pelarangan membawa air zamzam di setiap koper jamaah haji. Meski sudah mendapat imbauan melalui ketua kloter maupun petugas haji, masih saja banyak jamaah yang melanggarnya.

BERITA REKOMENDASI

Yuhendra, petugas haji yang berada di Hotel Al Kiswah Makkah, sudah mengingatkan agar jangan sampai ada air zamzam atau cairan apa pun yang volumenya lebih dari 100 ml di dalam koper. Kalaupun ada yang nekat, koper tersebut akan disobek paksa oleh petugas dari maskapai penerbangan.

"Kalau tidak mau disobek paksa, ya harus dikeluarkan oleh jamaah sendiri," kata Yuhendra, seperti Okezone nukil dari Kemenag.go.id, Senin (27/8/2018).

Dia mengatakan, di hotel bisa lolos, tapi di bandara nanti ada alat pemindai yang bisa mendeteksi cairan. Jika terdeteksi, koper-koper tersebut akan dibongkar paksa, bahkan tak sedikit yang disobek karena koper sudah dalam keadaan terkunci. Pembongkaran dilakukan untuk mengeluarkan air zamzam.

"Padahal di bandara ada alat pemindai yang bisa dengan mudah mendeteksi cairan," ujar pelaksana transportasi Sektor 11 Daker Makkah tersebut.

Dirinya juga dikirimi oleh petugas dari Maskapai Saudi Airlines mengenai banyaknya air zamzam yang dikeluarkan dari koper jamaah haji Indonesia.

Yuhendra yang pada sepanjang hari Minggu kemarin berada di Hotel Kiswah untuk memantau penimbangan Tower, mengingatkan agar jamaah haji tidak "ngeyel" memasukkan air zamzam ke koper.

Dari pantauan Media Center Haji (MCH), air zamzam dimasukkan ke botol air mineral yang sudah dibalut lakban, sehingga isi botol tertutup rapat. Ada juga yang membalutnya dengan kain ihram.

Pemberangkatan pulang jamaah haji Indonesia gelombang I baru akan dilakukan Senin 27 Agustus dini hari nanti. Namun, koper-koper jamaah telah dikirim ke Bandara Jeddah sejak Sabtu dan Minggu.

(han)

Let's block ads! (Why?)

Kalo beritanya tidak lengkap buka aja link di samping buat baca berita lengkap nya http://haji.okezone.com/read/2018/08/27/398/1941899/petugas-tak-segan-sobek-paksa-koper-jamaah-haji-yang-nekat-bawa-air-zamzam

No comments:

Post a Comment