Pages

Friday, August 3, 2018

The Fed Tahan Suku Bunga, BI: Sesuai Perkiraan

JAKARTA - The Federal Reserve (The Fed), Bank Sentral Amerika Serikat (AS) menahan suku bunga acuan atau Fed Fund Rate (FFR) tetap di kisaran 1,75% - 2% pada 1 Agustus 2018. Keputusan ini dikarenakan kondisi perekonomian AS masih cukup kuat.

The Fed pun diperkirakan akan menaikkan FFR di bulan September dan Desember 2018. Sesuai dengan ekpetasi pasar yang kenaikan 4 kali di 2018. Menanggapi kebijakan The Fed, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan, hal itu sesuai dengan perkiraan Bank Sentral.

BERITA TERKAIT +

"Tidak naik itu sesuai perkiraan kami, bulan Agustus ini juga memang perkiraan kami tidak naik, kami masih perkirakan FFR akan naik September, dan kemungkinan Desember," ujarnya di Gedung BI, Jakarta, Jumat (3/8/2018).

perry

Dia menyatakan, arah kebijakan moneter BI pun tetap sama yakni ketat. "Jadi stance kebijakan BI tetap sama, yaitu hawkish (ketat). Kita akan terus akan lakukan langkah- langkah pre emptive, front loading dan ahead the curve," katanya.

Perry menjelaskan, Bank Sentral sudah sejak awal memprediksi The Fed akan menaikkan suku bunga acuan sebanyak 4 kali di 2018. Kemudian akan terus berlanjut dengan kenaikan 3 kali di 2019.

Menurutnya, meski diiringi ekspektasi pasar akan kenaikan FFR, namun kepercayaan investor pada pasar keuangan Indonesia tetap baik. Hal ini ditandai dengan adanya arus dana masuk (capital in flows) di Surat Berharga Negara (SBN) yang terus meningkat.

perry

"Lelang terakhir dari Kemenkeu, SBN over suplai 4 kali lipat. Demikian juga inflow ke SBN cukup kuat. Dua hari saja pada 30-31 Juli 2018, kami masih menghitung sekitar Rp3,9 triliun yang masuk," katanya.

Oleh sebab itu, lanjut Perry, BI akan terus berkoordinasi dengan pemerintah untuk mendorong kinerja ekspor, serta mengurangi impor. Hal ini untuk mendorong devisa masuk ke dalam negeri dan memperbaiki transaksi berjalan yang defisit.

"Kami tegaskan tentang defisit transaksi berjalan memang lebih tinggi tahun ini, kami sampaikan USD25 miliar, tapi itu satu masih dalam batas aman terkendali, masih di bawah 3% terhadap PDB," tutupnya.

(kmj)

Let's block ads! (Why?)

Kalo beritanya tidak lengkap buka aja link di samping buat baca berita lengkap nya http://economy.okezone.com/read/2018/08/03/20/1931409/the-fed-tahan-suku-bunga-bi-sesuai-perkiraan

No comments:

Post a Comment