Pages

Thursday, September 13, 2018

Pengusaha Transportasi Sepakat Pakai Biodiesel 20%

JAKARTA - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mendorong asosiasi tranportasi untuk menggunakan bahan bakar solar dengan 20% bauran minyak sawit alias B20.

BERITA TERKAIT +

"Kami sudah ada kesepakatan untuk penggunaan B20 dari Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Organisasi Angkutan Darat (Organda) dan Agen Pemegang Merk (APM). Di mana intinya, kami, (Kemenhub), siap semuanya mendukung," kata Budi di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

 

Dia menjelaskan, penggunaan B20 itu, memang harus ada penyesuaian khususnya pada kendaraan-kendaraan lama. Di mana untuk kendaraan baru sendiri semuanya ada Permenhub.

"Kendaraan baru sudah siap dan ada semacem mungkin penyesuaian kayak filternya sudah ada dari Hino juga sudah dan mereka sudah asosiasi semuanya," jelasnya.

 

Terkait kendaraan lama apakah ada perubahan dengan menggunakan B20, dia menuturkan, kendaraan lama bukan perubahan. Kalau kendaraan baru mereka cuma dari pihak asosiasi, seperti dari Aptrindo dan Organda itu butuh pemeliharaan yang lebih cepat.

"Jadi kalau selama ini dari APM pemeliharaan yang biasanya begitu beli kan ada sampai pergantian filter 20.000 km perjam diganti menjadi 10 ribu per km jadi dipercepat gitu," pungkasnya.

(dni)

Let's block ads! (Why?)

Kalo beritanya tidak lengkap buka aja link di samping buat baca berita lengkap nya http://economy.okezone.com/read/2018/09/13/320/1949893/pengusaha-transportasi-sepakat-pakai-biodiesel-20

No comments:

Post a Comment