Pages

Friday, August 3, 2018

Hemat Listrik, Rumah Para Menteri Akan Dipasang Panel Surya

JAKARTA - Pemerintah sedang mendorong penggunaan rooftop panel surya. Pemanfaatan panel surya atau solar panel dinilai menjadi solusi kelistrikan di Indonesia, di mana lewat pemasangan tersebut tagihan listrik selama ini menjadi keluhan masyarakat bisa lebih murah.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengatakan, penerapan panel surya akan diawali di rumah-rumah para menteri.

BERITA TERKAIT +

"Solar panel sudah ditawarin di rumah-rumah menteri, semua pasang solar panel kan bisa menghemat listrik," ujar Luhut saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Dia mengatakan, saat ini pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang membuat aturan untuk panel surya bisa digunakan konsumen PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"ESDM lagi bikin aturannya, tapi saya belum lihat," imbuhnya.

Arti Pentingnya Panel Surya bagi Nelayan di Desa Dukuhseti Pati

Sementara itu, Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, peraturan mengenai penggunaan rooftop panel surya untuk konsumen PT PLN (Persero) jenis tertentu akan segera diterbitkan.

Dalam peraturan tersebut pemerintah memperbolehkan semua pelanggan, di luar konsumen industri, seperti golongan bisnis, pemerintah, dan rumah tangga, melakukan pemasangan rooftop panel surya. Konsumen PLN pada golongan tersebut diperkirakan mencapai 2/3 dari jumlah konsumen PLN.

"Arahan Bapak Presiden, beliau minta coba bikin peraturan rooftop solar panel, dan 1-2 minggu ini peraturannya keluar, kita akan sosialisasi besar-besaran," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Panel Surya Terminal Tirtonadi Hasilkan 500 kVA

Jonan menambahkan, jika sudah memasang rooftop panel surya, konsumen dapat menjual listrik yang dihasilkannya ke PLN, dengan tata kelola harga yang diatur dalam peraturan penggunaan rooftop panel surya.

"Itu boleh pasang rooftop sendiri, nanti dia jual listriknya ke PLN, jual beli. Siang tidak pakai lampu dan AC, karena orangnya pergi, listriknya dijual ke PLN, malam dia beli lagi ke PLN," jelasnya.

Menurut Jonan, penghematan yang bisa dilakukan dengan adanya rooftop panel surya cukup signifikan. Dia mencontohkan rooftop panel surya yang sudah dipasang di rumah pribadinya sebesar 15,4 kWp dengan harga Rp200 juta. Kini, setiap bulan hanya membayar tagihan sebesar sekitar Rp1 juta, dari sebelumnya Rp4 5 juta.

"Paling kurang hemat 2-3 juta per bulan, setahun mungkin bisa 30-40 juta. Dalam 5 tahun, kembali dong uangnya," tutup Jonan.

(feb)

(rhs)

Let's block ads! (Why?)

Kalo beritanya tidak lengkap buka aja link di samping buat baca berita lengkap nya http://economy.okezone.com/read/2018/08/03/320/1931368/hemat-listrik-rumah-para-menteri-akan-dipasang-panel-surya

No comments:

Post a Comment