Pages

Monday, August 20, 2018

Jokowi Berharap Asian Games 2018 Persatukan Korea Utara dan Selatan

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap, adanya pesta olahraga Asian Games 2018 dapat mempererat hubungan antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Hal tersebut disampaikan Kepala Negara saat menerima Perdana Menteri Korea Selatan Lee Nak-yeon di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/8/2018).

BERITA TERKAIT +

"Saya berharap Asian Games dapat mempererat persahabatan masyarakat kedua Korea," ucap Jokowi.

Tak hanya mempersatukan Korea, Jokowi juga berharap Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang itu mempererat hubungan Indonesia dan Korea, serta negara-negara lainnya di kawasan Asia.

"(Memper erat hubungan) masyarakat Asia dan juga masyarakat Indonesia dan Korea Selatan," tandasnya.

Asian Games 2018 berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018. Ada ribuan atlet dari 45 negara bertanding di ajang multi-event regional Asia itu.

Seperti diketahui dalam acara pembukaan, atlet Korea Selatan dan Korea Utara diketahui berjalan di bawah satu bendera Korea.

Puluhan perwakilan atlet dua negara itu tampak mengenakan atasan berwarna putih dan bawahan biru terang, kombinasi warna yang ditemukan di Bendera Unifikasi Korea.

Dalam acara pembukaan Asian Games 2018, bendera unifikasi Korea tampak berkibar diiringi langkah para atlet dua negara yang berjalan masuk sembari membentangkan tangan ke atas.

Seiring dengan masuknya kontingen "Korea" ke Stadion Utama GBK, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom dan Duta Besar Korea Utara untuk Indonesia An Kwang-il tampak berdiri bergandengan tangan, seraya melambai ke para atlet.

Tim gabungan antara Korea Selatan dan Korea Utara dalam Asian Games 2018 diyakini sebagai bukti komitmen kedua negara untuk meningkatkan kerja sama di bidang olahraga, khususnya setelah pimpinan dua negara mengadakan pertemuan Mei lalu.

Untuk Asian Games, kontingen Korea hanya mengikuti tiga cabang olahraga, yaitu kano, dayung, dan basket.

(kha)

Let's block ads! (Why?)

Kalo beritanya tidak lengkap buka aja link di samping buat baca berita lengkap nya http://news.okezone.com/read/2018/08/20/337/1938933/jokowi-berharap-asian-games-2018-persatukan-korea-utara-dan-selatan

No comments:

Post a Comment