Pages

Thursday, August 23, 2018

Pertama Kali! Jepang Punya Pilot Jet Tempur Perempuan

Tokyo - Untuk pertama kalinya di Jepang, seorang perempuan akan segera menjadi pilot jet tempur negara tersebut.

Pada Rabu (22/8), Letnan Satu Misa Matsushima dari Angkatan Bersenjata Jepang telah menyelesaikan pelatihannya untuk menerbangkan jet tempur F-15. Perempuan berumur 26 tahun itu secara resmi akan diangkat sebagai pilot jet tempur pada Jumat (24/8) besok.

Perempuan muda itu mengaku terinspirasi oleh film lawas Hollywood, "Top Gun" yang dimainkan aktor terkenal, Tom Cruise.

"Sejak saya melihat film 'Top Gun' ketika saya di Sekolah Dasar, saya selalu mengagumi para pilot jet tempur," ujar Matsushima kepada media lokal seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (23/8/2018).
Misa Matsushima (Foto: AFP PHOTO/JIJI PRESS)

"Semoga saya bisa terus bekerja keras untuk memenuhi tugas saya (tidak hanya untuk diri saya namun) juga untuk kaum perempuan yang akan mengikuti jalur ini di masa mendatang," imbuhnya.

"Saya ingin terus bekerja keras untuk memenuhi tugas saya (tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga) untuk kaum perempuan yang akan mengikuti jalan ini di masa depan," katanya.

Pada tahun 1999, Angkatan Udara Jepang memutuskan untuk membuka semua posisi untuk kaum perempuan, kecuali untuk pilot jet tempur dan pesawat pengintai. Namun batasan itu dicabut pada tahun 2015 lalu, sehingga membuka jalan bagi Matsushima untuk bergabung dengan kelompok elite pilot-pilot jet tempur, bersama tiga perempuan lainnya yang saat ini tengah menjalani pelatihan.

Perlu diketahui bahwa, di antara militer Jepang yang berjumlah 228 ribu tentara, jumlah perempuan hanya mencapai 6,4 persen saja.
(ita/ita)

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya kurang lengkap buka link di samping lanjutin baca berita dari situ https://news.detik.com/read/2018/08/23/173855/4179312/1148/pertama-kali-jepang-punya-pilot-jet-tempur-perempuan

No comments:

Post a Comment