Pages

Friday, August 17, 2018

Sederet Perguruan Tinggi Tanah Air Ini Ternyata Usianya Lebih Tua dari Indonesia

JAKARTA- Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan beragam budaya. Tak terkecuali budaya ini tumbuh dari tempat belajar. Di mana bangsa yang besar tentu telah mencetak anak-anak negeri terbaik dari perguruan-perguruan yang terbaik pula. 

Bahkan ada beberapa perguruan tinggi yang telah berdiri sebelum negara Indonesia merdeka 17 Agustus 1945. Inilah lima dari sederet perguruan tinggi yang sudah berdiri sebelum kemerdekaan.

BERITA TERKAIT +

1. Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga berdiri sejak tahun 1913, berawal dari lembaga pendidikan Belanda yakni Nederlands Indische Artsen School (NIAS) dan School Tot Opleiding Van Indsiche Tandartsen (STOVIT) yang mana keduanya berdiri pada tahun 1913 dan 1928 oleh pemerintah Hindia Belanda.

Universitas Airlangga pada tahun 1954 diresmikan menjadi pendidikan tinggi pertama di kawasan timur Indonesia pada tahun 1954 oleh Presiden RI pertama, Dr. Ir. Soekarno yang juga bertepatan dengan hari pahlawan ke-9 yakni pada tanggal 10 november 1954.

 

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB berdiri sejak tahun 1920 atas inisiatif swasta dengan nama Technische Hogeschool Bandoeng (THS). Institute ini adalah perguruan tinggi pertama yang didirkan oleh pemerintah Hindia Belanda, nama lain dari ITB ini adalah Het Koninklijk Instituut Voor Hooger Technisch Ondrwijs in Nederlansch-Indie namun semenjak tahun 1959 berubah penyebutannya dengan Institut Teknologi Bandung karena letaknya yang berada di Bandung.

ITB memiliki pintu masuk utama di Jalan Ganesha yang dulunya bernama Hoogeschoolweg dan di depan taman Ganesha yang dulunya disebut Ijzermanpark. Rektor pertama ITB adalah Prof. Ir. Januari Klopper, seorang guru besar matematika dan mekanika terapan Technische Hoogeschool te Delft berkebangsaan Belanda yang menjabat selama 5 tahun yakni dari 1920 – 1925.

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

Kalo beritanya tidak lengkap buka aja link di samping buat baca berita lengkap nya http://news.okezone.com/read/2018/08/17/65/1938049/sederet-perguruan-tinggi-tanah-air-ini-ternyata-usianya-lebih-tua-dari-indonesia

No comments:

Post a Comment