Pages

Sunday, August 19, 2018

Ini Titik-titik Longsor di Kaki Gunung Rinjani Akibat Gempa

Jakarta - Bukit di kaki Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB) longsor akibat diguncang gempa. Longsor itu terjadi di beberapa titik lereng Gunung Rinjani.

"Dampak gempa 6,5 SR telah menyebabkan longsor di beberapa titik lereng Gunung Rinjani, seperti di Bukit Pegangsingan dan Bukit Anak Dara Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Minggu (19/8/2018).


Sutopo menambahkan akibat longsor itu sejumlah material gunung berjatuhan. Peristiwa itu juga menimbulkan debu di lereng Gunung Rinjani.
"Material batu-batu dari bagian atas gunung longsor menuruni lereng sehingga menimbulkan debu di lereng Gunung Rinjani," terangnya.
Ini Titik-titik Longsor di Kaki Gunung Rinjani Akibat GempaFoto: Penampakan material debu akibat longsor di kaki Gunung Rinjani (dok. Istimewa)

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Sudiyono sebelumnya mengatakan tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja, satu warga dilaporkan mengalami syok karena kaget.

"Hasil pengecekan petugas kami di Puskesmas nggak ada laporan mengenai korban hanya ada satu orang karena shock," ucap Sudiyono.


Pendakian di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ditutup sejak tanggal 29 Juli lalu. Belum diketahui sampai kapan kawasan pendakian tersebut dibuka kembali.

Seperti diketahui, berdasarkan data BMKG gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) mengguncang Lombok pukul 11.10 WIB. Beberapa menit sebelumnya yakni pukul 11.06 WIB, NTB juga diguncang gempa berkekuatan 5,4 SR.
(ams/imk)

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya kurang lengkap buka link di samping lanjutin baca berita dari situ https://news.detik.com/read/2018/08/19/133228/4172956/10/ini-titik-titik-longsor-di-kaki-gunung-rinjani-akibat-gempa

No comments:

Post a Comment